Ini baru blog keren

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 


dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istighfar di malam ini. 

6.   Malam Keselamatan

Malam Lailatul Qadar disifati dengan ‘salaam’ yang artinya adalah malam keselamatan. Hal ini tercantum di dalam surat Al Qadr ayat kelima yang menyebutkan bahwa malam itu dipenuhi dengan kesejahteraan hingga matahari terbit di pagi harinya. 

Hal lain yang membuat malam ini disebut dengan malam keselamatan adalah bahwa pada malam Alilatul Qadar, setan tidak bisa berbuat apa-apa dan mengganggu manusia.

Maka, Lailatul Qadar ini menjadi momen yang tepat untuk beribadah dengan khusyu dan bersungguh-sungguh.

Jika di waktu-waktu yang lain setan senatiasa menggoda manusia sehingga banyak yang terjerumus ke dalam dosa.

Maka, Allah membelenggu setan untuk mengurangi godaan tersebut. dengan begitu, umat muslim bisa beribadah dengan lebih fokus dan tenang. 

Pada malam tersebut juga banyak umat muslim yang selamat dari berbagai ukuman atau siksa disebabkan dengan ketaatan atau amal ibadah yang mereka lakukan kepada Allah SWT. 

7.   Malam Pencatatan Takdir dalam Setahun

Malam Lailatul Qadar juga disebutkan sebagai malam dilakukannya pencatatan takdir manusia dalam setahun.

Hal ini tercantum di dalam surat Ad Dukhan ayat keempat yang menyebutkan bahwa di malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah. 

Segala urusan di dalam ayat tersebut merujuk pada semua hal yang terkait dengan kehidupan makhluk Allah di bumi termasuk rezeki, ajal, takdir baik, takdir buruk, dan hal-hal lain yang secara lebih detail. Penulisan takdir manusia sebelumnya telah didahuli oleh Allah di Lauhul Mahfudz. 

Di malam Lailatul Qadar, takdir tersebut dijabarkan lagi secara terperinci. Maka, tidak heran jika malam Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam dimana Allah menetapkan perjalanan hidup manusia selama satu tahun ke depan. 

Takdir yang dicatat di malam ini nantinya akan diperlihatkan kepada malaikat sehingga para malaikat mengetahui tugas-tugas yang diberikan Allah kepada mereka di dalam setiap kehidupan makhluk di bumi. 

Mengetahui keistimewaan malam Lailatul Qadar sangat penting bagi umat muslim agar mereka terpacu untuk mengisi malam Lailatul Qadat dengan memaksimalkan Ibadan dan amalan-amalan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]